11 Bahaya Sering Menahan BAB, Bisa Picu Penyakit Berbahaya!

Mungkin Anda sempat membendung buang air besar (BAB) sebab faktor khusus, entahlah sebab tidak terdapatnya toilet maupun sebab situasi serta waktu yang tidak sangat mungkin. Walaupun sebenarnya, karena membendung BAB beresiko buat kesehatan, lho! Akan tambah beresiko apabila Anda seringkali menantang situasi itu.

Bahaya Membendung BAB buat Kesehatan
Membendung buang air besar sering tidak baik, sebab menyebabkan efek efek jelek buat kesehatan, dibawah ini karena membendung BAB yang penting untuk Anda hindarkan:

1. Sembelit
Problem kesehatan yang satu ini mungkin benar-benar umum dihadapi oleh banyak orang-orang yang disebabkan minimnya mengonsumsi makanan memiliki serat. Nyata-nyatanya, bahaya membendung BAB juga dapat mengakibatkan sembelit. Feses yang ditahan untuk keluar akan menumpuk di usus besar, menyebabkan fases akan mengeras. Hasil dari sembelit ini, Anda mesti gunakan tenaga tambahan untuk dapat keluarkan fases dari dalam perut.

2. Ambeien
Ambeien berlangsung berasal dari sembelit. Rutinitas tunda buang air besar sampai kelamaan akan mengakibatkan ambeien. Seperti yang Anda pahami kalau ambeien dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bahkan juga rasa sakit pada anus, hingga bisa mengganggu kesibukan sesehari.

3. Obstruksi usus
Mengerasnya fases dalam usus karena membendung BAB sering, akan mengakibatkan obstruksi usus. Penyakit ini umumnya akan mengganggu aliran pencernaan sebab makan namun juga cairan tidak bisa di cerna secara baik. Situasi ini juga dapat disebabkan ada kombinasi dari perlengketan usus, kanker usus besar, serta hernia.

4. Kanker usus besar
Penyakit yang akan muncul karena membendung BAB sering merupakan kanker usus besar. Soal ini disebabkan fases yang lama ketahan dalam usus berkontak lama dengan beberapa sel permukaan usus besar. Penyakit ini cukup beresiko, hingga Anda mesti lekas kerjakan perlakuan ke rumah sakit.

5. Komplikasi
Bahaya membendung BAB mengakibatkan kotoran mengeras serta menumpuk dalam pencernaan. Dalam perkara yang paling jarang ada, rutinitas ini bisa mengakibatkan problem peredaran darah, problem jantung, serta kram.

Komplikasi ini kerap berlangsung pada orang-tua atau mereka yang jarang-jarang bergerak atau melakukan aktivitas, khususnya yang gunakan obat opioid berat. Apabila situasinya kronis serta tidak lekas memperoleh perlakuan, peluang jeleknya akan mengakibatkan kematian.

6. Fisura anal
Kian seringkali Anda membendung BAB, akan kian sukar Anda untuk BAB. Rutinitas ini bisa mengakibatkan fisura anal atau fisura ani, robekan kecil serta cedera pada jaringan tipis yang lembap (mukosa) yang melapisi lubang anus. Situasi ini mengakibatkan dikit perdarahan sebab kesusahan BAB atau feses yang keras. Peluang Anda pun beresiko alami kejang pada cincin otot di ujung anus (anal sphincter).

Fisura anus mungkin membutuhkan obat atau kadangkala perbuatan pembedahan, pada sebagian orang.

7. Impaksi tinja
Tumpukan tinja dalam pencernaan karena membendung BAB juga bisa mengakibatkan impaksi tinja. Seperti ditulis Medical News Today, impaksi tinja merupakan situasi usus yang kronis dimana tinja yang keras serta kering terangkut di usus besar atau dubur. Tinja yang tidak bergerak ini akan halangi pencernaan serta mengakibatkan tumpukan.

Apabila tidak dikerjakan, impaksi tinja bisa mengakibatkan kehancuran yang kronis. Baiknya lekas jumpai dokter apabila alami satu diantaranya tanda-tanda impaksi tinja.

8. Infeksi bakteri
Bahaya membendung BAB sering akan kian keras feses yang menumpuk dalam usus besar. Tumpukan feses ini menimbulkan pencernaan tidak sanggup buang toksin.

Seperti yang dikatakan awal mulanya, fisura ani atau robekan pada lubang anus beresiko alami infeksi bakteri karena kerancuan tinja.

Tumpukan feses pun beresiko menginfeksi usus sebab toksin yang menumpuk dalam pencernaan. Menyebabkan usus alami peradangan.

9. Prolaps rektum
Seperti ditulis WebMD, rektum merupakan sisi paling akhir dari usus besar yang selesai di anus. Saat Anda alami sembelit akut karena membendung BAB, rektum meregang serta mencolok keluar anus. Kadangkala cuma beberapa dari rektum mencolok keluar.

Prolaps rektum dapat menyakitkan serta dapat mengakibatkan pendarahan. Kadangkala sukar untuk memilah apa Anda alami prolaps rektum atau wasir, sebab ke-2 situasi ini mengakibatkan rektum mencolok keluar dari anus, akan tetapi kedua-duanya berlainan.

10. Megarectum
Bahaya membendung BAB selanjutnya bisa mengakibatkan situasi yang diketahui jadi megarectum, dimana rektum jadi membesar jadi hasil dari konstipasi akut.

Perawatan situasi ini umumnya gunakan obat pencahar tiap-tiap hari tapi pembedahan atau operasi mungkin dibutuhkan dalam beberapa kasus khusus.

11. Beresiko kematian
Apabila tinja tumpah ke rongga perut, bakteri bisa mengakibatkan tanda-tanda kronis serta bahkan juga mengintimidasi jiwa.

Satu studi pada 2015, seperti ditulis Healthline, menemukannya kalau tumpukan tinja di usus tingkatkan jumlahnya bakteri serta menyebabkan peradangan waktu panjang pada susunan dalam usus besar. Situasi ini sebagai unsur kemungkinan kanker.

Analisa ini pun tunjukkan kalau bahaya membendung BAB mungkin saja beresiko pada radang usus buntu serta wasir.

Panduan Membendung BAB kala Situasi Kritis
Apabila Anda tengah rapat, bersua orang, atau kesusahan cari toilet untuk buang air besar, Anda dapat mengatur otot-otot pencernaan untuk tunda BAB, selanjutnya salah satunya:

Mengencangkan ke-2 bagian pantat Anda. Langkah barusan bisa menopang mengawasi otot rektum Anda konsisten tegang.
Hindarkan jongkok. Coba untuk berdiri atau berbaring saja. Panduan membendung BAB yang satu ini bukanlah tempat alami untuk BAB serta bisa memperdayai badan Anda biar tidak BAB.
Tataplah tenang serta jangan kuatir. Punya sikap tenang bisa membendung BAB. Umumnya satu orang akan kuatir saat mau BAB. Apabila tidak sanggup mengandalikan kepanikan, malahan kemauan untuk BAB akan bertambah.
Penting untuk diingat! Panduan ini cuma dikerjakan saat kondisi darutat yang memaksa Anda untuk membendung BAB.

Nah, itu ia bahaya membendung BAB yang berpengaruh pada kesehatan Anda. Mulai saat ini coba BAB dengan teratur serta hindarkan membendung BAB ya, Kawan Sehat!

You Might Also Like
Leave a Reply