Kekurangan Yodium: Penyakit, Diagnosis, Cara Mengatasi

Yodium yaitu zat yg begitu dibutuhkan oleh badan. Karenanya yodium yg terhitung ke kelompok mineral ini mempunyai peranan penting untuk badan. Akan tetapi, apa yang terjadi apabila badan kekurangan yodium? Tentu saja badan punya harapan alami beberapa soal kesehatan. Terus, apa peranan yodium? Apa karena kekurangan yodium? Bagaimana caranya menangani kekurangan yodium yg efisien?

Apa Itu Yodium?
Yodium yaitu senyawa kimia yg masuk ke category mineral non logam. Yodium (iodine) yaitu zat yg mempunyai peranan penting untuk membuahkan hormon tiroid, dimana medium tempat produksi hormon ini diketahui jadi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid terletak berada di sisi bawah leher, persisnya di rongga pernafasan (laring).

Yodium yaitu zat yg tidak di produksi dengan alami oleh badan, tetapi dari beberapa tipe makanan serta bahan makanan yang memiliki kandungan yodium. Garam salah satunya sumber yodium yg paling disukai banyak orang. Walaupun demikian, sumber yodium sendiri gak cuma garam, tetapi :

Ikan (tuna, salmon, cod)
Cumi-cumi, udang, kerang, kepiting
Kuning telur
Susu
Kacang kedelai
Daun bayam
Peranan Yodium
Kekurangan yodium akan memberi efek negatif untuk kesehatan badan. Kenyataan ini gak terlepas dari peranan yodium tersebut jadi penghasil hormon tiroid, dimana hormon tiroid sendiri bekerja untuk mendukung kelancaran peranan badan.

Buat tingkatkan kesadaran Anda akan utamanya yodium hingga terpacu untuk menghindarkan situasi kekurangan yodium, tersebut disini 2 (dua) peranan penting yodium yg penting diketahui.

1. Memaksimalkan Peranan Otak
Peranan yodium yaitu untuk mendukung produksi hormon tiroid dalam kelenjar tiroid. Oleh karena ada banyaknya hormon tiroid yg cukupi, soal ini semestinya bawa efek positif untuk badan, antara lainnya memaksimalkan peranan otak, juga skema saraf terutama untuk janin serta umur beberapa anak.

2. Mengontrol Kemampuan Organ Badan
Kekurangan yodium punya harapan mendegradasi kemampuan organ badan. Karenanya hormon tiroid bekerja untuk mengoptimalkan peranan organ badan, juga mengendalikan metabolisme badan supaya dapat berjalan mulus.

Karena Kekurangan Yodium, Apa Saja?
Tubuh—dalam soal ini usus—akan menyerap yodium untuk selanjutnya disimpan dalam kelenjar tiroid. Di sini, yodium yg udah berwujud konsentrat akan mendukung kelenjar tiroid untuk menghasilkan 2 (dua) tipe hormon tiroid, ialah triodotironin (T3) serta tiroksin (T4). Nah, kedua-duanya berhubungan dengan beberapa kesibukan, seperti perkembangan jaringan saraf, hormon sex, serta mengendalikan metabolisme badan.

Pada saat badan kekurangan yodium, hormon tiroid T4 akan alami penurunan volume, sebabkan badan harus aktifkan thyroid-stimulating hormone (TSH) buat mengawasi keselarasan kandungan tiroid. Sayangnya, TSH ini akan memaksakan kelenjar tiroid untuk kerja tambahan hingga memunculkan soal untuk badan.

Karena kekurangan yodium, Anda mungkin alami beberapa penyakit kekurangan yodium dibawah ini:

1. Gondok
Gondok yaitu penyakit kekurangan yodium yg paling umum di alami mereka yg kekurangan yodium.

Penyakit gondok disinyalir oleh tanda-tanda unik berbentuk pembengkakan pada ruangan laring karena kelenjar tiroid yg jadi membesar. Pembesaran kelenjar tiroid itu disebabkan minimnya kandungan yodium di dalamnya, hingga dengan automatis membuat kelenjar itu jadi membesar serta nampak benjolan-benjolan (nodular).

Gondok dapat juga dibarengi oleh beberapa gejala yang lain, misalnya:

Sesak napas
Sakit tenggorokan
Susah menelan
Batuk
2. Kretinisme
Selain itu, penyakit kekurangan yodium yang lain yaitu kretinisme. Penyakit kekurangan yodium kretinisme kebanyakan berlangsung pada janin yg masih ada dalam kandungan.

Kretinisme terus terdiri jadi 2 (dua) tipe, ialah:

Kretinisme Neurologis
Kretinisme neurologis yaitu tipe kretinisme yg berlangsung karena minimnya konsumsi yodium pada wanita yg tengah mempunyai kandungan janin. Beberapa ciri kretinisme neurologis bisa diidentifikasi saat anak udah lahir, ialah:

Anak tidak bisa berjalan dengan normal
Anak mungkin menderita tuli
Anak alami keterbelakangan mental
Kretinisme Miksedema
Jika kretinisme berlangsung pada ibu hamil di umur kehamilan yg masih termasuk muda, karena itu kretinisme miksedema ini menyerang ibu hamil di umur kehamilan yg hampir ke arah waktu kelahiran (tahap neonatal). Beberapa ciri kretinisme miksedema pada anak mencakup:

Gondok
Tinggi tubuh anak kurang dari bagus
Anak alami hiptiroidisme
Anak alami keterbelakangan menta
3. Hipotiroidisme
Peranan yodium yaitu untuk mendukung kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid T3 serta T4. Karena kekurangan yodium tentunya berakhir pada hipotiroidisme, ialah situasi dimana kandungan hormon tiroid dalam badan tidak cukupi, meskipun sebenarnya hormon tiroid ini mempunyai pekerjaan penting untuk kelancaran skema organ badan.

Hipotiroidisme disinyalir oleh beberapa tanda-tanda, misalnya:

Badan berasa penat selama seharian
Ngilu sendi
Kulit kering
Problem kognitif
Problem menstruasi
Sembelit
Pelemahan detak jantung
Tidak kuat ada dalam tempat bersuhu dingin
Spesial umur beberapa anak, penyakit kekurangan yodium hipotiroidisme bisa dikenali lewat beberapa ciri atau isyarat misalnya:

Perkembangan tinggi tubuh terhalang
Perkembangan gigi terhalang
Keterlambatan waktu pubertas
Problem mental
Dan pada anak bayi, hipotiroidisme bisa dikenali dengan tanda-tanda dibawah ini:

Pembengkakan di wajah
Kulit menguning
Lidah yg besar
Kerap tersedak
Selekasnya kerjakan perlakuan medis pada saat Anda atau si kecil alami hipotiroidisme. Karenanya penyakit karena kekurangan yodium yg satu ini apabila tidak selekasnya diatasi bisa memunculkan beberapa komplikasi serius, seperti penyakit jantung serta infertilisasi (terpentingnya pada wanita).

Analisis Kekurangan Yodium
Menjumpai kekurangan yodium, baik pada seseorang dewasa ataupun beberapa anak, jadi penting mengingat karena kekurangan yodium yg disebabkan dapat begitu beresiko.

Buat meyakinkan apa pasien alami penyakit kekurangan yodium, dokter akan menegakkan sekelompok mekanisme analisis, ialah:

1. Anamnesis
Pertama kali, dokter akan ajukan beberapa pertanyaan pada pasien berkaitan aduan yg di alami, misalnya:

Apa yg dirasa oleh badan?
Udah berapakah lama situasi ini terjadi?
Udah berapakah kali situasi ini terjadi?
Adakah kisah keluarga yg alami penyakit ini?
Obat apa yg udah dikonsumsi?
2. Kontrol Fisik
Setelah itu, dokter akan periksa situasi fisik pasien dengan mengacu pada beberapa gejala umum ketimbang kekurangan yodium. Seperti ada pembengkakan kelenjar tiroid yang bisa nampak dari leher yg jadi membesar.

3. Kontrol Penyokong
Paling akhir, dokter akan menegakkan mekanisme kontrol penyokong buat meyakinkan analisis kekurangan yodium pada pasien. Mekanisme kontrol penyokong ini terus terdiri jadi:

Pemindaian Tiroid
Dokter akan menyuntikkan iodin radioaktif untuk mengidentifikasi tanggapan tiroid. Setelaj itu, dokter akan lakukan pemindaian dengan ultrasonografi. Akan tetapi, mekanisme in baru dapat dijalankan kalau udah diyakinkan ada penambahan kandungan hormon TSH

Kontrol Peranan Tiroid
Pada mekanisme ini, dokter akan menelaah kandungan hormon T3, T4, serta TSH yg ada dalam darah. Kalau pasien alami kekurangan yodium, kebanyakan kandungan T3 alami kenaikan, T4 alami penurunan, serta TSH ada di angka normal. Namun, baik T3 serta T4 saling terdefisiensi kalau pasien udah ada dalam situasi kekurangan yodium akut.

Biopsi
Dokter akan ambil sampel jaringan dari kelenjar tiroid, untuk selanjutnya dianalisis di laboratorium. Pemakaian ultrasonografi umum dijalankan buat memudahkan dokter memastikan titik pemungutan sampel jaringan

Tes Urine
Dari kontrol urine juga dokter bisa tahu apa pasien menderita kekurangan yodium ataukah tidak. Dokter akan minta pasien untuk memberi sampel urine dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

Penyembuhan Kekurangan Yodium
Penyembuhan kekurangan yodium dijalankan buat menangani komplikasi serta morbiditas yg ditimbulakan dari soal kesehatan ini. Cara-cara menangani kekurangan yodium mencakup:

Levotiroksin, ialah hormon T4 bikinan yg dimanfaatkan jadi substitusi hormon T4 alami yg alami degenerasi. Levotiroksin akan tambah efisien apabila dikasihkan pada ibu hamil serta beberapa anak dibandingkan dengan orang dewasa. Akan tetapi, pemanfaatannya harus dalam pengawasan penuh dari dokter buat menghindarkan berlangsungnya penambahan kandungan T3 serta T4 dengan berlebihan (tirotoksikosis)
Yodium Radioaktif, memiliki fungsi untuk mengempiskan gondok yg berlangsung karena pembesaran kelenjar tiroid. Pemakaian yodium radioaktif diklaim bisa mengempiskan gondok sebesar 40 – 60 prosen. Walaupun demikian, langkah menangani kekurangan yodium dengan memberi yodium radioaktif bisa sebabkan hipotiroidisme permanen
Kalium Iodida, yaitu garam spesial yg dipakai untuk membuat sembuh penyakit kekurangan yodium. Kalium Iodida ini masuk ke category agen anti-tiroid. Kalium Iodida ada dalam aneka macam, seperti tablet, obat cair, intramuscular, sampai suplemen
Tiroidektomi, ialah mekanisme operasi pembedahan untuk menyembuhkan gondok yg terburu jadi membesar. Kebanyakan, langkah menangani kekurangan yodium yg satu ini ditegakkan kalau gondok udah menebar hingga ke mediastinum anterior
Mencegahan Kekurangan Yodium
Langkah menghindar kekurangan yodium dengan cukupi keperluan yodium harian Anda serta keluarga. Bagusnya, angka keperluan yodium harian yaitu seperti berikut:

Bayi (0,11 – 0,13 mg/hari)
Beberapa anak 1 – 11 tahun (0,09 – 0,12 mg/hari)
Dewasa (0,15 mg/hari)
Ibu hamil (0,22 mg/hari)
Ibu menyusui (0,29 mg/hari)

You Might Also Like
Leave a Reply