Lidah Geografis: Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pengobatan

Lidah yg sehat umumnya berwarna pink, basah, serta tertutupi selaput tipis berwarna keputihan di permukaan. Kalau lidah tidak memberikan tanda-tanda itu, hal tersebut pertanda jika badan tengah dalam situasi tidak sehat. Salah satunya problem lidah yg dapat nampak yaitu lidah geografis (geographic tongue). Tersebut keterangan komplet berkenaan penyakit yg kerap pula disebutkan lidah peta.

Yang memicu Lidah Geografis
Penamaan lidah lidah geografis atau lidah peta sendiri sebab tanda-tanda yg muncul berwujud berupa bercak kemerahan yg mempunyai bentuk seperti peta atau pulau dengan pinggir berwarna putih. Sampai saat ini yang memicu tentunya lidah geografis belum didapati dengan tentunya, akan tetapi dikira berkenaan lichen planus serta psoriasis.

Faktor-faktor lain yg dapat menaikkan resiko lidah geografis, salah satunya:

Kalau Anda kekurangan vitamin B, jadi resiko Anda alami pembengkakan, peradangan, serta problem lidah yang lain dapat kian tinggi, khususnya kala hamil. Mengapa kala Anda hamil resiko kekurangan vitamin berlangsung tambah tinggi? Sebab pada situasi ini janin tengah tumbuh menyerap banyak nutrisi dari ibu. Situasi ini dapat membuat ibu kekurangan vitamin serta alami tanda-tanda seperti lidah geografis.
Mereka yg normalnya mempunyai lidah geografis, nyata-nyatanya mempunyai histori keluarga yg sempat alami penyakit yg sama. Hal genetik nyata-nyatanya bertindak jadi yang memicu lidah peta.
Pasien lidah geografis sering alami situasi lain seperti lidah pecah-pecah atau permukaan lidah nampak retak.
Situasi hormon dalam badan nyata-nyatanya dapat juga jadi pemrakarsa timbulnya lidah geografis.
Tanda-tanda Lidah Geografis
Umumnya, lidah geografis kerap kelihatan pada seseorang dengan lidah pecah-pecah serta psoriasis. Pada lidah yg pecah-pecah, lekukan serta retakan jalur permukaan lidah ada di sisi samping serta atas lidah.

Walaupun demikian, lidah geografis sendiri tidak mesti mengakibatkan tanda-tanda. Pada sejumlah masalah ada yg mendapatinya akan tetapi tidak mengerti pergantian yg berlangsung pada lidahnya. Di bawah ini yaitu gejala-gejala yg dapat Anda ketahui, salah satunya:

Nampak ruam di lidah dengan garis batas berwarna putih.
Kerap berlangsung pergantian tempat, ukuran serta bentuk cedera.
Nampak rasa tidak nyaman atau jadi lebih sensitiv kala konsumsi makanan asam, asin, pedas serta panas.
Lidah geografis pada anak bisa kelihatan kala rasa perih nampak disaat anak konsumsi makanan yg asam atau pedas. Perlu untuk diketahui, lidah peta yaitu suatu hal yg jarang ada pada balita serta tambah banyak berlangsung pada anak umur di atas 2 tahun.
Lidah geografis pada anak yaitu suatu hal yg umum berlangsung, sampai-sampai orangtua tak perlu risau asalkan tidak dibarengi abuh, kemerahan, serta rasa ngilu. Kalau Anda kuatir, konsultasilah ke dokter buat cari tahu penyakit yg menjadi dasar timbulnya lidah peta pada anak.

Perlu untuk diketahui, kalau lidah geografis telah memberikan kesembuhan, penyakit ini dapat berubah ke sisi lidah lainnya. Pada sejumlah masalah, situasi ini dapat ada di wilayah mulut yang lain. Penyakit ini dapat berlangsung di banyak umur serta tipe kelamin, akan tetapi seringkali menyerang wanita ketimbang pria.

Tidak hanya itu, meskipun lidah geografis dapat pulih dengan sendirinya, situasi ini dapat juga bersambung sepanjang beberapa hari atau beberapa bulan.

Studi Lidah Peta
Studi oleh dokter dikerjakan selesai lakukan kontrol lidah serta menyaksikan beberapa gejala yg menyertainya. Kala lakukan kontrol, dokter bisa lakukan berbagai hal misalnya:

Gunakan instrumen buat periksa situasi lidah serta mulut.
Memohon Anda buat menggerakkan lidah ke pelbagai arah.
Sentuh lidah dengan lembut (palpasi) dibutuhkan buat periksa pergantian yg tidak biasa pada struktur atau periksa kelembutannya.
Periksa sinyal timbulnya infeksi seperti pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau ada demam. Kalau dibutuhkan, kontrol darah dibutuhkan buat menyaksikan ada tidaknya infeksi.
Penyembuhan Lidah Geografis
Secara prinsip, sebab lidah geografis yaitu penyakit yg dapat pulih dengan sendirinya, jadi penyembuhan medis normalnya tidak dibutuhkan. Masalah ini membuat lidah geografis bukan penyakit beresiko.

Sesaat buat memudahkan rasa tidak nyaman di lidah Anda dapat gunakan miconazole gel yang bisa dibeli di apotek. Walaupun demikian, kalau lebih dari dua minggu bercak tidak hilang semestinya Anda memeriksan situasi ke dokter.

Di bawah ini yaitu sejumlah perawatan buat menghilangkan tanda-tanda lidah geografis, diantaranya:

Gunakan obat salep yang memiliki kandungan kortikosteroid.
Pada sejumlah masalah, suplemen vitamin B dibutuhkan buat untuk penyembuhan lidah geografis.
Buat kurangi rasa sakit serta iritasi yg diakibatkan lidah peta, dokter dapat memberi resep obat kumur yang memiliki kandungan anastesi.
Selanjutnya, sebab lidah geografis dapat lebih baik dengan sendirinya serta mempunyai skema yg tidak bisa diperkirakan, Anda mungkin tidak bisa jelas apa perawatan simptomatik seperti di atas betul-betul berfaedah.

Mencegah Lidah Geografis
Meskipun belumlah ada beberapa hal tentunya yg dapat dikerjakan buat menghindar penyakit ini, Anda dapat mengawalinya dengan batasi makanan yg begitu asam, panas, serta pedas. Tidak hanya itu, jauhi pula mengonsumsi minuman terkandung alkohol, tembakau, sampai pasta gigi yang memiliki kandungan aroma berlebihan atau bahan pemutih.

Langkah mencegah lidah geografis selanjutnya dapat dikerjakan dengan teratur lakukan perawatan ke dokter gigi 2x dalam satu tahun.

Selanjutnya, meskipun situasi lidah geografis kelihatan mencemaskan serta mengganggu dalam proses pencernaan makanan, situasi peradangan yg berlangsung di lidah bukan jadi tanda-tanda ada problem kesehatan yg serius.

Langkah paling gampang yg dapat dikerjakan biar problem ini tidak menyerang yaitu jaga kebersihan rongga mulut terutamanya lidah. Biar Anda bisa dengan nyaman bersihkan lidah, Anda dapat gunakan alat pembersih privat lidah.

You Might Also Like
Leave a Reply