Mengenal Jenis Warna Urine untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan

Badan kita dapat memperlihatkan bagaimana situasinya tiada butuh mengerjakan kontrol dengan cara langsung di laboratorium. Umpama dengan cuma menyaksikan warna urine saja kita dapat tahu apa badan tengah sehat atau tengah sakit. Dari urine, Anda dapat juga siaga dengan perihal tidak baik yg kemungkinan berlangsung.

Sejauh ini kita merasa urine itu miliki warna sama adalah kekuningan, walaupun sebenarnya ada sekian banyak warna yg membedakannya. Intensif warna pun pengaruhi kesehatan. Jadi, jangan remehkan demikian saja warna dari urine yg Anda mengeluarkan.

Mengetahui klasifikasi warna urine
Ada sekian banyak klasifikasi warna urine yang penting kita mengenal. Dengan paham klasifikasi ini Anda dapat dengan ringan tentukan mana saja urine yg memperlihatkan badan sehat atau mungkin tidak.

Transparan
Bila warna urine yg Anda punyai transparan seperti air yg bening, Anda tengah terdapat pada keadaan overhidrasi. Kepentingan air harian sejumlah 1,5-2 liter udah tercukupi. Bahkan juga, Anda minum lebih dari itu sampai-sampai urea yg bersatu jadi lebih encer sampai-sampai tak nampak.

Bila urine Anda pada nilai ini bermakna tengah tidak ada soal lada badan. Tetapi, alangkah lebih baik tidak untuk mengkonsumsi banyak air atau buah-buahan yang memiliki kandungan banyak air seperti semangka serta melon sebab dapat turunkan tekanan darah secara cepat.

Warna lemon sampai jeruk
Warna lemon yaitu kekuningan meskipun tidaklah terlalu pekat. Sesudah itu warna jeruk cukup oranye meskipun tidak demikian tua. Dua warna ini sebagai nilai hidrasi yg sesuai dengan buat badan. Bila urine yg Anda hasilkan miliki warna ini punya arti badan tengah sehat.

Bila telah pada sesi ini Anda tidak usah mengimbuhkan ketersediaan air . Cukup mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air bila tengah haus. Buah yg disarankan yaitu tomat, strobery, semangka, serta melon.

Oranye tua
Warna oranye tua mengisyaratkan bila badan tengah perlu air dalam jumlahnya yg tak kebanyakan. Bila Anda merasa urine dengan warna ini alangkah lebih baik selekasnya minum 1-2 gelas air putih dengan selekasnya.

Warna oranye yg tua serta tidaklah terlalu pekat sebagai sinyal dari penurunan jumlahnya cairan di badan. Selekasnya penuhi kepentingan air serta tak alami dehidrasi yg membuat badan jadi lemas.

Oranye cukup kecokelatan
Bila warna urine Anda telah terdapat pada nilai ini, alangkah lebih baik selekasnya mengkonsumsi air dengan jumlahnya lumayan banyak. Warna kecokelatan sebagai sinyal dari dehidrasi. Anda harus dapat turunkan warnanya sampai jadi kekuningan.

Tidak hanya menaikkan konsumsi air putih, jauhi kesibukan yg dapat turunkan jumlahnya air di badan secara cepat seperti mengkonsumsi alkohol serta kopi terlalu berlebih. Pikirkanlah bawa botol air ke mana-mana agar dapat selekasnya minum bila haus

Sejumlah warna urine tidak hanya kuning
Tidak hanya warna dengan gradasi kuning, oranye, serta cokelat, urine dapat juga mengakibatkan warna lain. Selanjutnya sejumlah warna yg dapat dipicu oleh obat, makanan, atau keadaan medis tersendiri.

Merah muda sampai lebih pekat
Urine dengan warna merah muda sampai cukup pekat dipicu oleh mengonsumsi beberapa tipe makanan seperti buah bit atau blackberry. Diluar itu beberapa tipe obat seperti chlorpromazine (Thorazine) serta thioridazine (Mellaril) pun menyebabkan warna merah.

Keadaan medis yg sebabkan warna merah pada urine yaitu infeksi di prostat, kandung kemih, serta ginjal. Sesudah itu tumor, kanker, serta luka di pun memicunya.

Bila Anda dapatkan urine dengan warna ini selekasnya datangi dokter buat alami kontrol. Rata-rata keluarnya darah dalam urine telah sebagai sinyal dari problem yg benar-benar kritis. Ditambah lagi bila telah diikuti dengan ngilu dibawah perut.

Biru atau kehijauan
Warna hijau atau kebiruan pada urine dapat dipicu oleh sejumlah keadaan medis seperti infeksi aliran kemih yg dipicu oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Sesudah itu blue diaper syndrome pun membuat urine berganti warna.

Makanan yg sebabkan warna biru atau kehijauan yaitu asparagus atau beberapa tipe pewarna makanan. Buat obat, style amitriptyline, indomethacin (Indocin), cimetidine (Tagamet), serta promethazine (Phenergan) yaitu pemicu terutamanya.

Ungu
Warna ungu dapat dikeluarkan oleh urine bila Anda kebanyakan mengkonsumsi minuman serta makanan dengan pewarna ungu. Buat obat belumlah ada yg sebabkan warna dengan pergantian ini.

Buat keadaan medis, infeksi aliran kemih yg dipicu oleh bakteri P. aeruginosa pun kemungkinan sebabkan hal semacam itu. Paling akhir penyakit bernama Hartnup dapat merubah urine jadi ungu secara cepat.

Kapan harus memperiksakan-diri?
Pergantian warna memang jadi sinyal pergantian pada badan. Tetapi, kapan harus selekasnya memperiksakan-diri ke dokter?

Bila telah keluarkan warna merah cukup pekat. Warna merah sebagai sinyal dari perdarahan yg berlangsung pada aliran atau organ reproduksi.
Rasa ngilu pada bagian bawah perut yg rasa-rasanya cukup mendalam serta benar-benar mengganggu.
Waktu berkemih berasa panas serta terbakar dengan warna urine cukup kehijauan. Kemungkinan ini yaitu problem pada aliran kemih.
Sesudah kencing, tampak cairan kental dengan aroma tak enak. Mungkin saja tengah ada soal pada metode pengeluaran juga reproduksi.
Kerap mual serta mau muntah berulang-kali. Keadaan ini benar-benar mengganggu sebab kerap disertai dengan ngilu perut.
Kerap alami anyang-anyangan serta berasa nyeri dibawah perut. Inkontinensia urine dapat juga berlangsung setiap waktu.
Berikut sejumlah uraian mengenai warna dari urine serta kapasitas problem kesehatan yg dapat ditampilkan. Nah, lebih kurang bagaimana keadaan kesehatan Anda kalau disaksikan dari warna urine? Bila tampak warna pekat serta tidak hanya kuning selekasnya kontrol diri, ya.

You Might Also Like
Leave a Reply