Patah Tulang (Fraktur): Jenis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, & Pencegahan

Fraktur merupakan patah tulang, yang bisa sekitar dari retakan tipis sampai patah. Patah tulang dapat melintang, memanjang di sejumlah tempat, atau berubah menjadi bagian bagian. Rata-rata, patah tulang berlangsung sewaktu tulang dikontrol oleh kebolehan atau desakan lebih. Apabila Anda menerka alami patah tulang, selekasnya temukan pertolongan medis.

Fraktur merupakan keadaan yang punyai cara-cara berlainan dimana tulang dapat patah; semisalnya, patah tulang yang tak mengakibatkan kerusakan jaringan di sekelilingnya atau menyobek kulit yang diketahui jadi fraktur tertutup. Di sisi lainnya, salah satunya yang mengakibatkan kerusakan kulit di sekelilingnya serta tembus kulit diketahui jadi fraktur kompon atau fraktur terbuka. Fraktur kompon rata-rata lebih serius dibanding fraktur simpel, sebab menurut uraian, patang tulang ini dapat memicu terinfeksi.

Type Patah Tulang
Dibawah ini beberapa type fraktur atau patah tulang untuk memilah keadaannya, salah satunya:

1. Patah avulsi
Patah tulang type ini merupakan luka pada tulang dimana tendon atau ligamen menempel pada tulang. Sewaktu fraktur avulsi berlangsung, tendon atau ligamen menarik sepotong tulang. Fraktur avulsion bisa berlangsung di anggota tubuh mana saja, tapi paling sering berlangsung di sejumlah area tersendiri.

2. Fraktur kominutif
Merupakan patah atau serpihan tulang semakin lebih dari dua sisi. Sebab kebolehan serta daya yang cukup merusak tulang, type patah tulang ini berlangsung sesudah trauma seperti kecelakaan kendaraan.

3. Fraktur kompresi
Type fraktur ini rata-rata berlangsung pada tulang yang bertonjolan di tulang belakang. Jadi contoh, sisi depan tulang belakang dapat ringkih sebab osteoporosis.

4. Fraktur dislokasi
Luka kronis dimana fraktur serta sendi terkilir berlangsung dengan cara berbarengan. Rata-rata, potongan tulang yang longgar konsisten terlibat pada ujung-ujung tulang yang dislokasi serta mungkin mesti diangkat lewat pembedahan sebelum dislokasi bisa ditangani.

5. Fractur greenstick
Sejumlah tulang patah di satu segi, tapi tak pecah seluruhnya sebab tersisa tulang bisa membengkok. Keadaan ini rata-rata paling sering berlangsung pada beberapa anak, yang tulangnya lebih lembut serta lebih elastis.

6. Fraktur garis rambut
Fraktur garis rambut atau barangkali disebutkan fraktur depresi, merupakan retakan kecil atau memar kronis dalam tulang. Type fraktur ini seringkali berlangsung pada olahragawan, terlebih olahragawan olahraga yang memaksa lari serta lompat. orang yang menanggung derita osteoporosis bisa pula alami fraktur garis rambut.

7. Fraktur impaksi
Ini seperti dengan fraktur kompresi, tapi fraktur ini berlangsung dalam tulang yang sama. Ini adalah fraktur tertutup yang berlangsung sewaktu desakan pada ke dua ujung tulang, memicunya terbelah berubah menjadi dua sisi yang sama-sama terbendung. Type fraktur ini rata-rata berlangsung pada seorang yang alami kecelakaan mobil serta jatuh.

8. Fraktur longitudinal
Type fraktur ini rata-rata lumayan panjang serta retakan selama sumbu tulang. Sebab fraktur ini selamanya ikuti sumbu tulang, serta rata-rata adalah fraktur yang tak berpindah. Fraktur bisa dibagi berubah menjadi dua atau lebih garis fraktur.

9. Fraktur oblik
Merupakan patah tulang yang relatif umum dimana tulang patah dengan cara diagonal ke sumbu panjang tulang. Fraktur oblik banyak variasi dalam tingkat keparahannya, terkait pada tulang apa yang tergoda serta sebegitu besar patahnya. Fraktur miring condong berlangsung pada tulang yang lebih panjang seperti tulang paha atau tibia.

10. Fraktur patologis
Sewaktu penyakit atau keadaan yang menjadi dasar sudah lemahkan tulang, menyebabkan fraktur (patah tulang yang dipicu oleh penyakit atau keadaan basic yang lemahkan tulang).

11. Fraktur spiral
Fraktur spiral ini dikenal juga jadi fraktur torsi, adalah type fraktur komplet. Fraktur ini berlangsung sebab jenis perputaran atau terpelintir.

12. Fraktur depresi
Merupakan patah kecil pada tulang. Retakan tipis ada sebab desakan yang berulang-ulang, rata-rata dipicu oleh pemakaian anggota badan terlalu berlebih. Kebanyakan fraktur depresi berlangsung pada tulang kaki serta kaki sisi bawah, yang menumpu beban badan.

13. Fraktur torus (buckle)
Tulang alami deformasi tapi tak retak. Paling sering berlangsung pada beberapa anak. Fraktur tulang ini menyakitkan tapi konstan.

14. Fraktur transversal
Seterusnya merupakan type rinci dari fraktur dimana patah ada pada pojok yang pas pada bagian panjang tulang. Fraktur transversal rata-rata berlangsung jadi akibatnya karena jenis kuat yang ditempatkan tegak lurus pada sumbu panjang tulang. Fraktur ini pula mungkin akibatnya karena fraktur depresi dimana banyak istirahat mikroskopis terjadi di tulang dari depresi berulang-ulang, seperti lari.

Yang menimbulkan Patah Tulang
Anda bisa beresiko meningkatkan patah tulang apabila tulang dikontrol dengan desakan yang tambah besar atau kebolehan dari itu bisa menyuport. Jenis ini rata-rata berlangsung dengan cara mendadak atau begitu sungguh-sungguh. Kekuatan-kekuatan tentukan tingkat keparahan fraktur.

Beberapa yang menimbulkan umum patah tulang mencakup:

Jatuh
Bentrokan menyerang langsung ke badan Anda
Moment traumatis, seperti kecelakaan mobil atau cedera tembak
Luka sebab olahraga.
Tanda-tanda Patah Tulang
Kebanyakan patah tulang atau fraktur dibarengi dengan ngilu hebat sewaktu luka awal berlangsung. Ini dapat semakin lebih tidak baik sewaktu Anda bergerak atau sentuh ruangan yang terluka. Dalam beberapa perkara, Anda bahkan juga dapat tidak sadarkan diri sebab rasa sakit. Anda mungkin saja merasakan pusing atau kedinginan sebab syok.

Isyarat serta tanda-tanda fraktur mungkin yang lain mencakup:

Bunyi kertak sewaktu luka berlangsung
Abuh, kemerahan, serta memar di ruangan yang terluka
Persoalan menyokong berat tubuh dengan ruangan cedera
Kelainan bentuk tampil di ruangan luka
Angulation (ruangan yang terserang mungkin tertekuk pada pojok yang tak biasa)
Apabila fraktur terbuka, mungkin ada perdarahan
Dalam beberapa perkara, Anda mungkin memandang tulang yang patah tembus kulit Anda
Tampil pucat
Perasaan sakit serta mual.
Penelitian Patah Tulang
Dokter akan mengerjakan pengecekan fisik, mengidentifikasi isyarat serta tanda-tanda, serta bikin penelitian. Pasien akan diwawancarai, atau kawan, saudara, serta saksi apabila pasien tidak bisa berkomunikasi secara baik,- mengenai kondisi yang memicu luka atau yang mungkin memicunya.

Tidak cuman tiu, dokter akan seringkali mengerjakan rontgen. Dalam beberapa perkara, MRI atau CT scan bisa pula dijalankan.

Pengobatan fraktur merupakan proses alami, dalam banyak perkara, akan berlangsung dengan cara automatic. Perawatan fraktur rata-rata memiliki tujuan untuk pastikan ada guna terpilih dari sisi yang terluka sesudah pengobatan.

Penyembuhan Patah Tulang
Apabila Anda didiagnosis alami patah tulang, ide perawatan akan terkait pada type serta ruangan pada badan.

1. Memantapkan patahan tulang
Untuk beberapa umumnya, dokter akan coba kembalikan potongan tulang yang patah ke urutan mula-mula serta memantapkan tulang-tulang itu waktu pulih. Penting untuk mengawasi potongan tulang yang rusak tak bergerak hingga sampai mereka pulih.

Saat proses pengobatan, tulang akan terjadi di lebih kurang pinggir potongan yang patah. Apabila tulang serius serasi serta konstan, tulang baru selanjutnya akan menyambungkan potongan-potongan.

2. Pemakaian gips
Dokter Anda mungkin memanfaatkan gips untuk memantapkan tulang patah Anda. Gips Anda besar kemungkinan terbuat dari plester atau fiberglass. Ini akan menolong mengawasi ruangan yang luka konstan serta menghindar potongan tulang yang rusak bergerak waktu patah tulang pulih.

3. Pemakaian katrol
Dalam perkara yang jarang ada, Anda mungkin butuh daya tarik untuk memantapkan ruangan yang luka. Traksi meregangkan otot serta tendon di lebih kurang tulang Anda.

Dokter Anda akan menjaga patah tulang memanfaatkan metode katrol serta berat diposisikan dalam frame logam di atas tempat tidur Anda. Metode ini akan membuahkan pergerakan menarik lembut yang bisa diperlukan dokter untuk memantapkan ruangan yang luka.

4. Pembedahan
Untuk fraktur kompleks, Anda mungkin butuh pembedahan. Dokter mungkin memanfaatkan reduksi terbuka, serta fiksasi internal atau fiksasi external untuk mengawasi supaya tulang tak bergerak.

Dalam reduksi terbuka serta fiksasi internal, dokter Anda akan merubah urutan atau “mengurangi” potongan tulang yang patah ke garis normal tulang. Lantas mereka akan menyambungkan atau melakukan perbaikan tulang yang patah. langkah tersebut dijalankan dengan memanfaatkan sekrup, pelat logam, atau kedua-duanya. Dalam beberapa perkara, dokter mungkin masukkan batang lewat pusat tulang Anda.

Dalam fiksasi external, dokter akan menyimpan pin atau sekrup ke tulang di atas serta dibawah ruangan fraktur. Dokter akan menyambungkan pin atau sekrup ini ke batang penstabil logam yang diposisikan dibagian luar kulit Anda. Batang akan membendung tulang di tempatnya waktu pengobatan.

5. Obat patah tulang
Dokter mungkin saja akan memberikan resep obat patah tulang untuk mengatur rasa sakit, menentang infeksi, atau mengurus tanda-tanda atau komplikasi lain. Sesudah step perawatan awal, dokter bisa menganjurkan terapis fisik atau proses lain untuk menolong Anda mengobati fraktur.

Mencegahan Patah Tulang
Dibawah ini teknik dalam menghindar fraktur atau patah tulang yang bisa Anda aplikasikan sehari-hari:

1. Nutrisi serta cahaya matahari
Badan pada prinsipnya perlu konsumsi kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang. Sumber kalsium yang baik dapat Anda temukan dari susu, yoghurt, keju, serta sayuran berdaun hijau gelap.

Badan pun perlu vitamin D untuk menyerap kalsium. Anda dapat dapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah cahaya matahari (direkomendasikan di pagi hari), makan telur, serta ikan berminyak.

2. Kesibukan fisik
Apabila seringkali latihan membendung beban, bertambah kuat serta padat tulang Anda. Latihan yang bikin tulang Anda kuat semisalnya lari, berjalan, lari, melonjak, serta menari, atau latihan apapun itu yang bisa memperkuat tulang. Dengan demikian Anda bisa menghindar patah tulang.

3. Menopause
Estrogen merupakan hormon yang mengendalikan kalsium pada wanita. Hormon ini akan menyusut saat menopause, yang bikin pengaturan kalsium makin lebih sukar. Karena itu, wanita mesti begitu waspada pada tulangnya saat serta sesudah menopause.

Teknik dibawah ini bisa menolong Anda kurangi resiko osteoporosis sesudah menopause:

Apabila suka merokok, selekasnya berhenti benar-benar
Kerjakan latihan beban singkat tiap minggu
Jauhi alkohol
Seringkali berjemur di bawah cahaya matahari
Yakinkan skema makan yang memiliki kandungan banyak kalsium. Untuk Anda yang persoalan memakai makanan berkalsium, dokter mungkin menganjurkan memakai suplemen kalsium.

You Might Also Like
Leave a Reply