Usus Buntu: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Pengobatan, dll

Hati-hatilah jika alami sakit perut di kanan bawah! Mungkin saja itu ialah tanda-tanda usus buntu. Jangan pandang remeh penyakit usus buntu sebab banyak masalah yang berakhir pada kematian. Yuk, baca kabar komplet perihal usus buntu!

Keterangan ini bakal menerangkan perihal apakah itu usus buntu, yang menimbulkan, tanda-tanda, studi, komplikasi, metode menyembuhkan usus buntu, sampai metode menahan usus buntu. Kabar ini perlu dibaca, sampai Anda dapat mengerti serta memastikan penyembuhan yang pas.

Apakah itu usus buntu?
Usus buntu ialah penyakit peradangan yang berlangsung di usus buntu (appendiks). Warga seringkali menyebutkan penyakit usus buntu dengan arti usus buntu saja meski sebenarnya usus buntu sendiri ialah organ.

Organ ini berupa seperti kantung kecil serta tersambung dengan usus besar. Banyak pakar seringkali menjuluki usus buntu jadi organ misterius sebab gunanya belum pula didapati dengan tentunya.

Juga ada arahan yang menuturkan peranan usus buntu jadi wadah untuk bakteri baik dalam skema pencernaan. Meskipun masih ada silang arahan banyak pakar berkenaan peranan usus buntu, peradangan pada sisi itu dapat mengundang problem.

Penyakit usus buntu pula dikatakan sebagai radang usus buntu atau apendisitis serta tak miliki sifat menyebar. Usus buntu dapat menerpa bermacam barisan umur namun kerap berlangsung pada seseorang dengan tenggang umur 10-30 tahun. Golongan pria serta wanita punyai kesempatan yang sama alami usus buntu.

Yang menimbulkan usus buntu
Yang menimbulkan berlangsungnya usus buntu belum jelas. Namun, Apendisitis kerapkali dikarenakan berlangsung penyumbatan pada usus buntu. Sumbatan itu akibatkan bakteri menginfeksi usus buntu serta berlangsung peradangan.

Di bawah ini ialah beberapa yang menimbulkan usus buntu terhalang:

1. Tumpukan feses yang keras
Penyumbatan usus buntu seringkali dipicu tumpukan tinja yang mengeras.

Feses yang mengeras itu berubah menjadi seperti batu yang dimaksud fecalith (batu feses). Batu feses itu bisa halangi lubang usus buntu serta akibatkan feses dalam usus besar masuk ke usus buntu.

Feses yang masuk ke usus buntu itu punya kandungan banyak bakteri. Bermacam bakteri yang ada dalam feses juga menginfeksi anggota badan mungil itu. Infeksi usus buntu berikut yang sebabkan peradangan.

2. Benda asing
Tersedianya benda asing memiliki ukuran kecil yang masuk ke pada badan serta tak di cerna secara baik bisa menutup apendiks. Sumbatan itu selanjutnya pula akibatkan peradangan dalam usus buntu.

Baca Pula: Yang menimbulkan Usus Buntu

3. Kanker atau tumor
Tumor jinak ataupun ganas pastinya bisa jadi pencegah untuk usus buntu. Hambatan sebab datangnya tumor di kira-kira usus buntu juga mengakibatnya sumbatan serta peradangan.

4. Infeksi aliran pencernaan
Kerapkali badan alami infeksi aliran pencernaan. Infeksi aliran pencernaan terebut dapat dipicu bakteri, virus, jamur, serta cacing penginfeksi. Mikroorganisme yang menginfeksi itu akibatkan jaringan di usus buntu meradang serta abuh.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening
Yang menimbulkan usus buntu juga dapat dikarenakan kelenjar getah bening alami pembengkakan. Pembengkakan pada kelenjar penting ini akibatkan sumbatan pada usus buntu.

6. Penyakit radang usus
Usus buntu yang terhalang serta meradang juga dapat dipicu penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Beberapa model penyakit radang usus yang seringkali berlangsung seperti Kolitis Ulseratif serta Crohn’s Syndrome.

7. Trauma
Luka atau trauma pada perut sisi bawah juga dapat berubah menjadi yang menimbulkan usus buntu. Trauma itu sangat mungkin berlangsungnya pembengkakan serta usus buntu terhalang.

Perihal resiko usus buntu apendisitis
Di bawah ini ialah faktor-faktor resiko berlangsungnya penyakit usus buntu:

Umur – Usus buntu seringkali di alami oleh orang yang ada pada rentangusia 10-30 tahun
Sejarah keluarga – Tersedianya bagian keluarga yang sempat alami radang usus buntu menaikkan resiko apendisitis
Fibrosis kistik – Pasien fibrosis kistik punyai resiko yang tambah tinggi buat alami usus buntu
Makanan yang menimbulkan usus buntu
Banyak faksi yang menuturkan kalau makanan pedas atau makanan berbiji dapat akibatkan usus buntu. Benarkah makanan pedas serta berbiji sebagai makanan yang menimbulkan usus buntu?

Perihal itu salah sebab hasil analisis memperlihatkan makanan pedas atau berbiji tak berubah menjadi yang menimbulkan usus buntu. Ada juga makanan yang menimbulkan usus buntu ialah makanan yang menyebabkan konstipasi.

Namun, makanan itu bukan yang menimbulkan langsung usus buntu. Beberapa makanan yang menimbulkan konstipasi sebagai yang menimbulkan usus buntu tak langsung seperti daging merah, produk olahan susu, makanan cepat saji, dsb.

Tanda-tanda usus buntu
Biasanya, usus buntu diikuti dengan tanda-tanda yang belum pasti sama di antara pasien. Tanda-tanda usus buntu yang berlangsung dapat untuk beberapa umumnya serta teristimewa pada anak kecil serta ibu hamil. Namun, juga ada pasien yang tak alami tanda-tanda usus buntu.

1. Tanda-tanda usus buntu yang umum berlangsung
Di bawah ini ialah gejala-gejala yang biasanya berlangsung pada anak di atas 2 tahun serta orang dewasa yang tak hamil:

Ngilu perut kanan bawah dengan mendadak
Ngilu perut di kira-kira pusar
Ngilu perut makin bertambah jika batuk, berjalan, atau mengerjakan pergerakan lain
Kram perut
Rasa mual serta muntah
Nafsu makan mengalami penurunan
Perut kembung sebab sulit buang angin
Sulit buang air besar (sembelit)
Demam gampang (37,4 °)
2. Tanda-tanda usus buntu pada beberapa anak
Beberapa anak dibawah umur 2 tahun yang alami apendisitis condong memperlihatkan tanda-tanda yang lebih simple. Berikut gejala-gejala usus buntu pada beberapa anak dibawah umur 2 tahun:

Mual
Muntah
Perut kembung (sulit buang angin)
Perut tampak tambah besar
Perut rada lembut
Sakit perut dibagian kanan bawah
3. Tanda-tanda usus buntu pada ibu hamil
Ibu hamil memang seringkali alami beberapa ketidaknyamanan dibagian perut. Tetapi, tak semua ketidaknyamanan itu dipicu perihal fisiologis badan kala hamil namun tanda-tanda usus buntu.

Beberapa ciri usus buntu pada ibu hamil mencakup:

Mual
Muntah
Kram perut
Perut kembung
Sembelit
Kapan pasien usus buntu harus ke dokter?
Seandainya Anda punyai satu diantara tanda-tanda usus buntu yang udah dijelaskan, jadi selekasnya mendatangi klinik atau rumah sakit paling dekat. Masalah ini mempunyai tujuan biar dokter dapat selekasnya mengerjakan kontrol usus buntu untuk menegakkan studi usus buntu.

Semestinya Anda tak gunakan obat antasid, obat pencahar, atau obat analgesik. Bukannya jadi metode menyembuhkan usus buntu, perihal itu jadi sebabkan usus buntu pecah yang menyebabkan komplikasi serius.

Baca Pula: Tanda-tanda Usus Buntu serta Tanda-Tanda Penyakit

Studi penyakit usus buntu
Ada banyak perbuatan yang bakal dikerjakan kalau dokter curigai Anda alami radang usus buntu. Beberapa tindakan studi umumnya bakal dikerjakan dengan setahap serta berurut.

Berikut beberapa perbuatan yang mungkin dilakoni pada studi usus buntu:

1. Anamnesis
Anamnesis ialah perbuatan studi yang pertama-tama dikerjakan oleh klub medis. Pada bagian pertama ini, klub medis bakal menggali kabar kesehatan Anda yang berkaitan pada penyakit usus buntu, seperti sejarah kesehatan, tanda-tanda usus buntu, serta yang lain.

2. Kontrol fisik
Seusai anamesis dikerjakan, dokter bakal periksa Anda dengan fisik. Kontrol fisik ini mempunyai tujuan buat pastikan tanda-tanda usus buntu yang di alami pasien dan buat menilainya rasa sakit.

Umumnya, dokter bakal menekan-nekan perut Anda untuk cari sisi yang kaku. Masalah ini dipicu sisi perut yang kaku itu sebagai tanggapan pada desakan radang usus buntu.

Kontrol fisik pula dikerjakan pada dubur. Dokter bakal menempatkan sarung tangan serta melumasi jari-jemari lalu dimasukkan ke lubang dubur. Teristimewa pada wanita hamil, kontrol fisik pada panggul butuh dikerjakan buat menemukan problem ginekologis.

3. Tes laboratorium
Ada banyak tes laboratorium yang mungkin butuh Anda tekuni. Beberapa tes laboratorium itu, yaitu tes darah serta tes urine.

Tes darah
Tes darah komplet atau Complete Blood Count meliputi kontrol sel darah merah, sel darah putih, keping darah, hemoglobin serta hematokrit. Kontrol sel darah putih ialah sisi tes yang cukup penting sebab mempunyai tujuan buat menemukan infeksi.

Jumlahnya sel darah putih yang tinggi pertanda tersedianya infeksi dalam badan. Klub medis bakal ambil sampel darah buat dicheck di laboratorium. Taatilah beberapa persiapan yang butuh Anda melakukan biar hasilnya tepat.

Tes urine
Tes laboratorium yang butuh dilakoni tidak cuman tes darah ialah tes urine. Klub medis bakal memohon sampel urine untuk di periksa seterusnya di laboratorium. Klub laboratorim bisa mempelajari urine Anda buat menemukan sel darah merah, sel darah putih, serta bakteri dalam urine.

Arah dikerjakan tes urine berfaedah juga buat menemukan tersedianya infeksi aliran kemih atau batu ginjal. Karenanya infeksi aliran kemih atau problem batu ginjal seringkali memperlihatkan tanda-tanda yang persis seperti usus buntu.

4. Tes kehamilan
Ibu hamil yang alami gejala-gejala usus buntu butuh melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan yang dikerjakan mempunyai tujuan buat pastikan ada tidaknya kehamilan ektopik yang punyai tanda-tanda yang persis seperti usus buntu.

Tes kehamilan ini dapat dikerjakan juga sekaligus pada tes urine serta dapat gunakan USG transvaginal. Tidak hanya itu, tes ini punyai arah buat menemukan penyakit radang panggul, kista ovarium, serta yang lain dengan tanda-tanda seperti usus buntu.

5. Rontgen
Seandainya beberapa perbuatan yang awal mulanya telah dilakoni belum memperlihatkan kejelasan buat menuju pada penyakit usus buntu, jadi butuh dikerjakan tes pencitraan paling tua, yakni rontgen.

Anggota badan yang umumnya bakal diterapi dengan rontgen, yakni perut serta dada. Rontgen pada sisi perut berfungsi buat pastikan beberapa peluang yang menimbulkan sakit perut tidak cuman usus buntu. Juga, pada rontgen dada. Rontgen dada mempunyai tujuan menemukan pneumonia yang punyai tanda-tanda menyerupai usus buntu.

6. USG
USG tak hanya butuh dikerjakan pada ibu hamil. Ada banyak masalah dimana pasien butuh mengerjakan kontrol dengan USG meskipun sedang tidak hamil. Kontrol dengan USG mempunyai tujuan buat lihat keadaan usus buntu serta indung telur.

7. CT Scan
Studi usus buntu yang punyai peluang buat dianjurkan dokter ialah CT scan. CT scan umumnya dianjurkan seandainya hasil studi pada kontrol awal mulanya belum pula jelas.

Perbuatan ini dikerjakan seandainya dokter menyangka usus buntu udah pecah. Ibu hamil tak dapat melakukan kontrol dengan CT scan sebab gunakan cahaya radiasi yang dapat beresiko tidak baik pada janin.

8. MRI
Tes pencitraan yang pun masuk dalam daftar perbuatan studi usus buntu ialah MRI (Magnetic Resonance Imaging). Pasien yang butuh melakukan MRI butuh mengerjakan beberapa persiapan. Hasil gambar dengan MRI cukup jelas serta detil.

Anda butuh tahu kalau studi usus buntu tak simpel dikerjakan buat mendapat hasil yang tepat. Karenanya ada beberapa masalah medis yang punyai tanda-tanda menyerupai seperti radang usus buntu (apendisitis).

Beberapa masalah dengan tanda-tanda menyerupai apendisitis, salah satunya ialah sindrom Crohn, kolitis ulseratif, gastritis, infeksi usus, infeksi aliran kemih, kehamilan ektopik, problem ovarium, pneumonia, problem pada kantung empedu, sembelit, dsb.

Komplikasi usus buntu
Peradangan yang berlangsung pada usus buntu bakal sebabkan terbentuknya nanah yang penuh dengan bakteri. Seandainya usus buntuk tak selekasnya diatasi seusai kelihatan gejalanya, jadi dalam kurun waktu 2-3 usus buntu dapat pecah.

Perihal itu dapat mengakibatkan beberapa komplikasi, antara lain:

1. Abses
Pecahnya usus buntu bakal membuat nanah dari dalam usus buntu bergabung dengan isi usus. Percampuran kedua-duanya bisa membuat abdses. Abses butuh diobati sebab kalau akan tidak menyebabkan peritonitis.

2. Peritonitis
Kantung nanah dalam usus buntu yang pecah bakal terlempar ke susunan perut. Bakteri dalam nanah bakal menginfeksi susunan rongga perut atau peritoneum. Infeksi itu dimaksud dengan arti peritonitis.

Pasien yang alami peritonitis membutuhkan perawatan selekasnya. Karenanya peritonitis dapat akibatkan pergerakan usus berhenti. Menyebabkan, pasien bakal alami demam serta syok. Gejala-gejala peritonitis seperti sakit perut hebat tiada henti, demam, sesak napas, serta yang lain.

3. Kematian
Komplikasi apendisitis bisa terdapat resiko fatal serta meneror keselamatan jiwa pasien. Masalah usus buntu banyak udah mengakibatkan korban jiwa. Oleh karenanya, penting untuk pasien yang udah didiagnosis usus buntu buat melakukan terapis penyembuhan usus buntu.

Metode menyembuhkan usus buntu
Ada banyak masalah usus buntu yang tak membutuhkan penyembuhan teristimewa sebab skema dalam badan sukses menyembuhkan radang usus buntu. Namun, ini jarang berlangsung. Oleh karenanya, penting buat terus mengerjakan penyembuhan usus buntu.

Di bawah ini ialah cara-cara menyembuhkan usus buntu:

1. Terapis obat usus buntu
Terapis obat yang dikerjakan buat mengatasi penyakit usus buntu umumnya dikerjakan dokter dengan memberi resep antibiotik untuk menyembuhkan infeksi yang berlangsung. Obat antibiotik yang dikasihkan dapat lewat oral ataupun parenteral.

Banyak masalah usus buntu yang pulih hanya cukup gunakan antibiotik. Tidak cuman antibiotik, juga ada beberapa model obat yang dikasihkan pada penyembuhan usus buntu. Obat itu umumnya miliki sifat simptomatik seperti obat buat sakit perut.

2. Perbuatan operasi usus buntu
Metode menyembuhkan usus buntu yang dianggap cukup efisien yaitu dengan operasi usus buntu. Namun, perbuatan ini dikerjakan seandainya penyembuhan awal mulanya tak berikan hasil yang baik.

Baca Pula: Metode Menyembuhkan Usus Buntu dengan Operasi Usus Buntu

Operasi usus buntu yang umum dikerjakan yaitu dengan apendektomi laparoskopi serta apendektomi terbuka. Style operasi laparoskopi dikerjakan dengan masukkan alat laparoskop buat mengusung usus buntu.

Ada waktunya dokter putuskan buat mengerjakan apendektomi terbuka seusai apendektomi laparoskopi. Umumnya, apendektomi terbuka dikerjakan kalau usus buntu pasien telah pecah.

Metode menahan usus buntu
Pastinya Anda tak ingin alami usus buntu khan? Oleh karenanya, Anda butuh paham cara-cara menahan usus buntu. Ya, menahan memang lebih baik ketimbang menyembuhkan.

Berikut cara-cara menahan usus buntu yang dapat diusahakan:

Mengontrol kebersihan diri terpenting pada waktu makan
Konsumsi makanan kaya serat biar feses tak keras serta buang air besar lancar
Cermat pada waktu makan buat menahan benda asing yang masuk ke pencernaan seperti batu pada nasi atau yang lain
Menyembuhkan penyakit radang usus atau infeksi usus yang di alami sebelum usus buntu berlangsung
Selekasnya memeriksakan-diri tiap saat rasakan ketidaknyamanan dibagian perut
Mengerjakan pergerakan dengan berhati-hati buat meminimalkan resiko trauma perut
Beberapa usaha mencegahan di atas belum pasti atau tentunya menahan Anda dari usus buntu. Namun, kalau Anda mengerjakan cara itu sekurang-kurangnya resiko berlangsungnya penyakit usus buntu dapat dikurangi.

You Might Also Like
Leave a Reply